
Secara definisi, Reward Management adalah proses pemberian balas jasa untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas.
Pada umumnya, bentuk reward terbagi 3, yaitu :
1. Kompensasi.
Terbagi menjadi 2 :
a. Financial (Direct : Gaji, bonus, komisi. Indirect : Liburan, Asuransi, Perawatan Anak, dst)
b. Non Financial (Penghargaan, Pengembangan Pribadi)
2. Benefit.
Bentuknya dapat berupa : Skema Pensiun, COP (mobil), MOP (motor), LOP (laptop), HOP (rumah), dst.
3. Welfare.
Bentuknya dapat berupa : Coaching & Counseling, Kegiatan Olahraga, Kegiatan Sosial.
Di dalam dunia Compensation & Benefit (C&B), kita mengenal istilah 3 P, yaitu :
1. Pay for Position
Seseorang diberikan balas jasa berdasarkan Job Value dengan mempertimbangkan Internal Equitability (adil di dalam perusahaan) dan External Competitiveness (kompetitif dibandingkan perusahaan lain yang sejenis).
Contoh : Gaji Manager vs Gaji Supervisor.
2. Pay for Person
Seseorang diberikan balas jasa berdasarkan peningkatan kompetensi dan Human Asset Value (HAV).
Contoh : Gaji matrik skill 25% vs matrik skill 75%.
3. Pay for Performance
Seseorang diberikan balas jasa berdasarkan kinerjanya.
Contoh : Gaji menyelesaikan target 50% vs target 75%.
Tujuan akhir Reward Management adalah membuat dan melaksanakan sistem balas jasa yang menarik bagi kandidat pelamar kerja, memotivasi dan mempertahankan karyawan produktif.
Sumber :
Astra Human Resource Management (AHRM) System
Materi Psikologi Industri & Organisasi, Politeknik Manufaktur (POLMAN) Astra
Human Resource Officer Development Program (HRODP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar