Follow by Email

Rabu, 16 November 2011

Apa itu Orientasi, Training & Development?

Setelah para kandidat diseleksi dan ditempatkan oleh bagian Recruitment, maka selanjutnya mereka harus dikembangkan menjadi karyawan yang kompeten dan siap berkarya. Proses ini mencakup Orientasi, Training, dan Development.

Orientasi adalah proses pengenalan yang diberikan kepada setiap karyawan baru ataupun karyawan yang baru dipindahkan ke suatu bagian lain tentang budaya kerja, cara kerja, fasilitas umum, dan lainnya. Semakin baik kualitas orientasi yang diberikan, maka semakin cepat karyawan tersebut beradaptasi dan siap untuk bekerja.
  
Training adalah proses pemberian ilmu pengetahuan (teknis dan non teknis) kepada karyawan agar dapat bekerja sesuai dengan tuntutan pekerjaannya saat ini.

Development (Pengembangan) adalah proses pemberian ilmu pengetahuan (teknis dan non teknis) kepada karyawan agar dapat berkembang sesuai dengan tuntutan pekerjaannya di masa yang akan datang.

Jadi, Orientasi dan Training ditujukan untuk kebutuhan saat ini, sedangkan Development untuk masa depan si karyawan. Ketiga hal ini harus ada dan diperhatikan dengan baik karena karyawan yang sudah direkrut dengan baik dan dengan kompetensi yang unggul dalam waktu singkat akan menjadi tidak kompeten bila perlakuannya tidak baik.

Tujuan akhir Orientasi, Training dan Development adalah membentuk karyawan yang berkarakter, kompeten dan siap untuk menghadapi perubahan kapan pun dan dimana pun.

Sumber :
Astra Human Resource Management (AHRM) System
Toyota People Development
Daihatsu People Development

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar